Senin, 07 Maret 2011

:: MEMBUKA KOTAK HITAM TEKNOLOGI ::

Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan, karena kemajuan teknologi akan berjalan seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Perkembangan teknologi terjadi karena manusia menggunakan akalnya untuk menyelesaikan setiap masalah yang dihadapinya, ingin hidup lebih baik, lebih aman, nyaman dan mudah.
Sebenarnya sejak dahulu kala, teknologi itu sudah ada. Kalau manusia pada zaman dahulu bisa memecahkan kemiri dengan batu, sesungguhnya mereka juga sudah menggunakan teknologi, yaitu teknologi yang sederhana. Hanya saja istilah teknologi itu belum dipakai. Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik yang cukup besar, kini relatif sudah bisa digantikan oleh perangkat-perangkat mesin, seperti komputer, kendaraan, handphone, dan lain sebagainya.

Harus diakui bahwa, perkembangan teknologi yang demikian mengagumkan itu memang telah membawa manfaat yang luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Salah satu contoh bisa dilihat pada Internet. Internet membuat dunia seolah-olah tanpa batas, orang-orang dapat berkomunikasi, bercerita kapan pun dan dimanapun berada. Internet memudahkan kita untuk mendapatkan informasi apa saja yang kita butuhkan, bahkan tidak jarang yang mendapatkan penghasilan dari Internet juga. Contohnya melalui bisnis online. Manfaat lain yang kita rasakan di bidang transportasi saat ini, teknologi menciptakan banyak alat transportasi untuk membantu pemenuhan kebutuhan manusia,(gak kebayang kalau sampai saat ini tidak ada kendaraan, kemana-mana harus jalan kaki. Bukan hanya capek tapi waktu yang terbuang sia-sia juga akan banyak). Dan tentunya masih banyak lagi manfaat yang lain.

Namun tidak dapat dipungkiri, kemajuan teknologi juga memberikan dampak yang buruk bagi kehidupan manusia. Kita hidup di era digital, dimana banyak media elektronik yang mengandung unsur pornografi, penipuan seperti games, Internet, handphone, televisi, majalah dll.

Games. Games diabad 21, berdasarkan penelitian bahwa gambar lebih realistis, pemain bisa memilih karakter apa saja yang tidak ada di dunia nyata, keterampilan lebih kompleks dan kecekatan yang lebih tinggi sehingga menimbulkan kepuasan dan kecanduan lebih besar. Jenis Games juga lebih beraneka macam seperti aksi, adventure, strategi, role playing. Namun kita harus super hati-hati. Ternyata ada games yang berjenis Role playing tapi naudzubillahimindzalik, ceritanya tentang bagaimana ‘ memperkosa paling asyik. Jadi kita harus berhati-hati dalam memilih permainan/ games jangan sampai kita kecanduan dengan games yang sebenarnya tidak berguna.

Internet. Banyak situs di Internet yang tidak pantas untuk dikunjungi. Anggapan yang mengatakan bahwa Internet identik dengan pornografi, penipuan dll menurut saya memang tidak salah. Kemampuan Internet dalam menyediakan, menyampaikan informasi tanpa batas memicuh kejahatan dan pornografi merajalela.

Televisi. Program tv yang masih pantas diikuti, bisa dihitung dengan 1 tangan. Lainnya adalah program pembodohan, hantu, kekerasan, sinetron, telenovela, sinetron jepang/korea, film dan sebagainya.

Dampak negatif lainnya adalah pergeseran nilai budaya. Saat ini sangat banyak senjata yang diciptakan untuk membunuh manusia, sehingga budaya untuk saling tolong-menolong dan menghargai sesama manusia sudah tidak ada lagi.

Kasus lain adalah facebook. Banyak orang yang memiliki ratusan bahkan ribuan teman di facebook, tapi di dunia nyata mereka hanya memiliki beberapa orang dekat yang menemani keseharian mereka. Menurut pandangan saya ini merupakan salah satu dampak negatif facebook. Mereka kehilangan kesempatan untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dan cenderung lebih nyaman dengan kehidupan online. Padahal jika terjadi suatu hal yang krusial pada diri kita, yang akan membantu kita bukanlah orang-orang yang kita kenal di dunia maya tetapi orang-orang yang hidup di sekitar kita. Oleh karena itu, marilah kita mengimbangi aktifitas kita di dunia maya dengan menjalin hubungan dan komunikasi yang intents dengan masyarakat, sehingga dengan demikian kita tidak akan terkotak-kotakan dengan lingkungan yang sempit dan tidak akan kehilangan kesempatan untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Informasi lain yang saya dapatkan yaitu adanya beberapa gangguan mental yang terjadi saat Online. Diantaranya: Online Intermittent Explosive Disorder/OIED, Low Forum Frustration Tolerance/LFFT, Internet Asperger’s Syndrome, dan lain sebagainya.

Terlepas dari itu semua kembali lagi ke diri kita masing-masing, bagaimana kita membentengi jiwa kita dengan ‘pagar ’yang kuat sehingga tidak terlena dengan perkembangan IT saat ini. Bagaimana kita menempatkan dan memposisikan diri kita untuk mengambil sisi positif dari perkembangan teknologi. Namun semestinya memang harus ada batasan-batasan dan norma-norma yang kita pegang walaupun bersentuhan dengan Internet atau didalam dunia maya.
Pada akhirnya saya sangat bersyukur dengan adanya teknologi. Karena dengan teknologi saya bisa mengetahui kabar dari ayah dan ibu saya setiap saat, saya bisa mengetahui kegiatan mereka, kapan pun dan dimana pun saya berada.

0 komentar:

Posting Komentar